Membasmi Kutu Rambut Pada Anak

Cara membasmi Kutu Rambut Pada Anak

Diperkirakan kurang lebih 15 persen anak indonesia hadapi permasalahan kutu rambut, membasmi kutu rambut secara alami adalah hal yang tidak mudah, serangga kecil tanpa sayap yang mengisap darah manusia melalui kulit kepala. walaupun kutu rambut tidak memunculkan permasalahan kesehatan sungguh-sungguh, keberadaannya bisa amat mengusik serta menjengkelkan karena memunculkan gatal selalu di kepala. prestasi belajar anak juga bisa terancam karena sulit berkonsentrasi.

kutu rambut sulit ditemui karena rupanya amat mirip dengan corak rambut serta ukurannya kecil. kutu rambut jantan berusia berdimensi kurang lebih 2 mm, sebaliknya yang betina sedikit lebih besar karena mempunyai rongga perut untuk telur-telurnya.

Indikasi Kutu Rambut

sering menggaruk kepala yakni ciri utama seorang mempunyai kutu rambut. tetapi untuk membenarkan keberadaannya, yang amat instan yakni menghamparkan handuk atau saputangan putih serta meletakkan kepala anak di atasnya, kemudian menyisir rambut dengan sisir khusus untuk kutu rambut (serit). di kampung-kampung orang biasa menaruh sisir tipe ini, yang biasanya berbilah 2 serta bergigi rapat serta kaku. apabila terselip kutu rambut, maka kutu serta telur-telurnya yang bercorak putih akan berjatuhan atau melekat di sisir.

Penindakan alami

1. Memangkas rambut
untuk anak pria yang mempunyai permasalahan kutu rambut parah, teknik termudah untuk menghilangkannya yakni memangkas rambut sampai plontos. pencukuran hendaknya dicoba di rumah, bukan di tempat pangkas rambut untuk menghindari mungkin penularan ke orang lain.

2. Zat pembasmi alami
walaupun saat ini sudah ada obat-obat kimia pembunuh kutu rambut, sebagian orang masih menyukai teknik alami untuk membasminya. tidak cuma tidak senantiasa efektif, obat kimia bagaimana juga bisa mempunyai efek samping untuk tubuh (baca baik-baik ketentuan pakainya apabila anda memakainya).
berikut yakni beberapa ramuan alami yang gampang didapat serta efektif menyingkirkan kutu rambut:
minyak kayu putih serta jeruk nipis. campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. pakai kombinasi tersebut untuk membasahi rambut, serta pijatlah kulit kepala serta remas-remaslah rambut dengan menyeluruh selama beberapa menit. tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik serta biarkan cairan bekerja selama satu jam. setelah itu, keramaslah rambut sampai bersih. sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih menempel. ulangi beberapa kali dalam satu minggu sampai anak anda betul-betul bebas kutu.
Minyak kelapa. minyak kelapa (jawa: minyak klentik) bisa merambah saluran pernafasan kutu serta menewaskan mereka dengan membuat lemas serta kehilangan cairan tubuh. sewaktu anak ingin tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya serta remaslah rambut seperti berkeramas. bungkus kepala dengan topi mandi plastik serta tidurkan anak. di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih menempel. lakukan 3 malam berturut-turut. cek berulang rambut anak serta ulangi hanya bila dibutuhkan.
Cuka putih. cuka putih tidak menewaskan kutu, tetapi efektif membuat telur-telur kutu gampang lepas dari cengkeramannya di rambut. tidak cuma itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur serta kuman di kepala. basahi kepala serta kulit kepala anak dengan air cuka. tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit supaya cuka menyerap serta bekerja. sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk keluarkan kutu serta telur-telurnya. telur-telur yang sebelumnya amat lengket di rambut akan dengan gampang berlolosan. setelah itu, keramaslah rambut sampai bersih. ulangi beberapa kali sampai anak anda bebas kutu rambut.
3. Pencegahan
pencegahan yakni pengobatan yang amat efektif serta murah.
setelah menyadari anak anda mempunyai kutu rambut, cek anggota keluarga yang lain serta yakinkan tidak terselip satu juga anggota keluarga lain yang juga bermasalah kutu rambut. lakukan penindakan yang sama apabila terselip anggota keluarga yang terkena.
upayakan untuk tidak berbagi perlengkapan yang bisa menjadi sumber penularan kutu seperti sisir, topi, handuk, bantal, dll. jangan menggantung handuk, topi, hijab serta lain-lain di tempat gantungan yang sama sehingga kutu rambut bisa melompat dari satu benda ke benda lain.
untuk sementara ini sampai anak diyakinkan bebas dari kutu, pisahkan tempat tidurnya. kutu bisa melompat dari kepala anak yang satu ke yang lain sewaktu mereka tidur dengan kepala bersebelahan.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *