Ekonomi Kreatif dan Asosiasi Game Indonesia

Belum lama pemerintah yang Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) Cara Cek Nomor Tri Yang Lupa untuk membahas peta jalan untuk pertandingan di Indonesia. Game, sebagai salah satu industri kreatif memiliki potensi yang luar biasa di negeri ini.

Namun sayang, potensi yang masih dinikmati oleh asing, bukan dari negara mereka sendiri. Untuk itu, peta jalan dari permainan, yang bertujuan untuk merebut pasar domestik agar menjadi raja di negeri sendiri. Seperti diketahui, berdasarkan data dari Newzoo, pada tahun 2015, nilai industri game di Indonesia mencapai USD 321 juta. Sementara itu, nilai yang begitu besar itu bisa direguk oleh pelaku game lokal hanya sekitar 10 persen.

Jelas, jika nilai potensi pendapatan dari pangsa pasar di Indonesia tidak menggambarkan industri tenaga Indonesia permainan yang sebenarnya. Lebih mirisnya lagi, jika tidak mengambil tindakan, maka persentase diprediksi akan lebih kecil dan hanya 3 persen di 2019. Sekarang, dengan peta jalan yang permainan kemudian, diperkirakan jika game lokal bisa mengendalikan pasar domestik mereka sendiri pangsa 50 persen pada tahun 2020.

“Tujuan kami menguasai pasar Indonesia, pasar Indonesia benar-benar besar. Namun sayangnya, dari jumlah muatan lokal kita hanya mengisi sedikit. Ini sangat kecil,” kata Badan Deputi Infrastruktur Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hari Santosa Sungkari saat ditemui Merdeka.com di Mobile Pengembang Gathering (MDG) di kampus Binus University, Jakarta, baru-baru ini.

Untuk mencapai itu, lanjut Hari, pemerintah juga akan membantu dalam hal promosi dan membawa investor untuk melakukan pendanaan bagi pelaku di industri game lokal.

“Semua mereka ingin mendukungnya dalam bentuk pemasaran. Bekraf berpikir tentang hal itu. Pemerintah membantunya dalam bentuk promosi. Membawa investor di sini. Untuk membiayai mereka. Tapi Bekraf tidak membiayai perusahaan game. The pengembang game karena juga tidak memiliki akses kepada investor, “katanya,

Game Paket Pedia Development Industri Plan Indonesia akan diselesaikan secara bersama-sama antara pemerintah dalam hal ini Kemkominfo, Berkraf, Kementerian Ekonomi, Pelaku Industri permainan Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya.

Post Navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *